Bagaimana Membuat Job Grading

26Mar07

Bagaimana kita membuat job grading yang nantinya mempengaruhi gaji yang akan diberikan pada karyawan dan kenaikan jabatan.

Lucky , Kemayoran Jakarta

Jawaban

Halo Pak Lucky, Job grading dilakukan setelah dilakukan job evaluation, dimana pekerjaan yang satu dinilai bobotnya relatif terhadap pekerjaan yang lain. Dengan menggunakan kriteria yang telah disepakati bersama mengenai kriteria penilaian bobot pekerjaan suatu jabatan, maka setiap jabatan di perusahaan diukur “nilai” atau bobotnya. Hasil pembobotan tersebut umumnya akan memperlihatkan pengelompokkan jabatan-jabatan, yang lalu akan digunakan sebagai dasar penentuan grade/level. Proses job evaluation sendiri, dapat digambarkan secara umum sebagai berikut:
1. Tentukan faktor-faktor yang akan digunakan untuk melakukan Job Evaluationbeserta skala penilaiannya
2. Tentukan jabatan-jabatan yang akan dinilai dan lakukan evaluasi jabatan berdasarkan faktor-faktor JE yang sudah ditetapkan pada langkah sebelumnya.
3. Tentukan grade/level/tingkatan dari masing-masing job berdasarkan hasil evaluasi jabatan pada langkah sebelumnya. Hasil grading ini lalu digunakan sebagai salah-satu sumber dalam menentukan struktur gaji di perusahaan. Dalam membangun struktur gaji, selain hasil grading, perusahaan umumnya perlu memperhatikan kondisi penggajian (market competitiveness) yang berlaku di pasar atau industri terkait (market).
Semoga membantu.

About these ads


No Responses Yet to “Bagaimana Membuat Job Grading”

  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: