Skema Pesangon Jika Mengundurkan Diri

26Mar07

Ada rekan saya akan resign dari company-nya. Masa Kerja 7 tahun,karyawan tetap. Bagaimana skema pesangonnya jika dia mengundurkan diri?

Agustinus Prihantoro

Jawaban

Pak Agustinus, untuk membuat fleksibel, saya akan menjawab secara umumsaja dan tidak khusus pada perhitungan masa kerja tertentu.Aturan pesangon atau penggantian hak diatur oleh UU No.13/2003 pasal 162 danpasal 156 (terlampir).

Dalam kasus pegawai mengundurkan diri dan yangbersangkutan telah bekerja minimum 3 (tiga) tahun berturut-turut, makapegawai tersebut berhak mendapatkan uang penghargaan masa kerja seperti yangtercantum pada Pasal 156, ayat 3, kecuali diatur lain di dalam aturanperusahaan atau KKB perusahaan yang bersangkutan.

Semoga membantu.

Lampiran:
Pasal 162 Ayat 1. Pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri,memperoleh uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).

Ayat 2. Bagi pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, yangtugas dan fungsinya tidak me-wakili kepentingan pengusaha secara langsung,selain menerima uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4)diberikan uang pisah yang besarnya dan pelaksanaannya diatur dalamperjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.

Ayat 3. Pekerja/buruh yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam ayat(1) harus memenuhi syarat : mengajukan permohonan pengunduran diri secaratertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulaipengunduran diri; tidak terikat dalam ikatan dinas; dan tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri Pasal 156 Ayat 1.

Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkanmembayar uang pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja dan uangpenggantian hak yang seharusnya diterima.

Ayat 2. Perhitungan uang pesangon sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) palingsedikit sebagai berikut :
a. masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun, 1 (satu) bulan upah;
b. masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari 2 (dua)tahun, 2 (dua) bulan upah;
c. masa kerja 2 (dua) tahun atau lebih tetapi kurang dari 3 (tiga)tahun, 3 (tiga) bulan upah;
d. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 4 (empat)tahun, 4 (empat) bulan upah;
e. masa kerja 4 (empat) tahun atau lebih tetapi kurang dari 5 (lima)tahun, 5 (lima) bulan upah;
f. masa kerja 5 (lima) tahun atau lebih, tetapi kurang dari 6 (enam)tahun, 6 (enam) bulan upah;
g. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 7 (tujuh)tahun, 7 (tujuh) bulan upah.
h. masa kerja 7 (tujuh) tahun atau lebih tetapi kurang dari 8 (delapan)tahun, 8 (delapan) bulan upah;
i. masa kerja 8 (delapan) tahun atau lebih, 9 (sembilan) bulan upah.

Ayat 3. Perhitungan uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud dalamayat (1) ditetapkan sebagai be-rikut :
a. masa kerja 3 (tiga) tahun atau lebih tetapi kurang dari 6 (enam)tahun, 2 (dua) bulan upah;
b. masa kerja 6 (enam) tahun atau lebih tetapi kurang dari 9 (sembilan)tahun, 3 (tiga) bulan upah;
c. masa kerja 9 (sembilan) tahun atau lebih tetapi kurang dari 12 (duabelas) tahun, 4 (empat) bulan upah;
d. masa kerja 12 (dua belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 15(lima belas) tahun, 5 (lima) bulan upah;
e. masa kerja 15 (lima belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 18(delapan belas) tahun, 6 (enam) bulan upah; f. masa kerja 18 (delapan belas) tahun atau lebih tetapi kurang dari 21(dua puluh satu) tahun, 7 (tujuh) bulan upah;
g. masa kerja 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih tetapi kurang dari24 (dua puluh empat) tahun, 8 (delapan) bulan upah;h. masa kerja 24 (dua puluh empat) tahun atau lebih, 10 (sepuluh )bulan upah.

Ayat 4. Uang penggantian hak yang seharusnya diterima sebagaimana dimaksuddalam ayat (1) meliputi :
a. cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur;
b. biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan keluarganyaketempat dimana pekerja/buruh diterima bekerja;
c. penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetapkan 15%(lima belas perseratus) dari uang pesangon dan/atau uang penghargaan masakerja bagi yang memenuhi syarat;
d. hal-hal lain yang ditetapkan dalam perjanjian kerja, peraturanperusahaan atau perjanjian kerja bersama.

30 Responses to “Skema Pesangon Jika Mengundurkan Diri”

  1. 1 Aditya

    Pak Anang,

    Jika prosedur mengundurkan diri dipenuhi seperti tercantum pada Pasal 162 ayat 3, maka hak karyawan yang mengundurkan diri hanyalah Uang Penggantian Hak saja (Pasal 162 ayat 1). Uang Pisah dapat diberikan jika sudah diatur dalam dalam PP/PKB.

    Uang Penghargaan Masa Kerja hanya diberikan jika PHK dilakukan atas bukan alasan pengunduran diri, itupun hanya jika karyawan tidak melakukan kesalahan berat seperti tertulis dalam Pasal 158 ayat 1 dan 3.

    Semoga membantu

  2. 3 Augustina S

    Adakah yang bisa kasih saya jawaban atau saran,
    saya bekerja di sebuah perusahaan PMDN dan baru saja ditunjuk sebagai HRD, yang ingin saya tanya:
    Apakah perusahaan wajib mengurus wajib lapor UU No.7 & UU No. 6 dan approval Peraturan Perusahaan ke Depnaker?
    Teman saya ada yang mau urusin, katanya wajib lapor diurus setiap 1 x setahun dan Peraturan Perusahaan 1 x dua tahun.
    Dia minta biaya pengurusan wajib lapor = 1 juta dan Pengesahan Peraturan Perusahaan = 2 juta.
    Saya sangat mengharapkan saran dari rekan yang sudah punya pengalaman dalam hal ini. Terima kasih

    Augustina S.

    • 4 A.Karyadi

      secara rinci tidak dipungut biaya, tapi kenyataan dilapangan lain bapak pasti sudah tahu birokrasi negara kita. Saran saya bapak harus punya koneksi di dalam ( disnaker ) supaya tidak terlanjur mahal, posisi bapak seperti saya sekarang ini

    • mintakan Perda setempat yang memuat kebijakan Pemda setempat ttg Biaya Retribusi Pelayanan, Pengawasan dan Perijinan Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaker pada Disnaker setempat – saya punya copy Perdanya dari salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, apa lagi kota besar pasti sudah ada. saya harap info ini dapat membantu Saudara

  3. 7 Roger D

    ada karyawan saya dengan status kerja kontrak ( perjanjian kerja waktu tertentu) masa kerja 2 tahun, mengajukan pengunduran diri sesuai dengan prosedur/persyaratan atas kemauan sendiri. Hak Hak apa saja yang harus dipenuhi oleh perusahaan.

  4. Bagaimana kewajiban perusahaan jika karyawan yang mengundurkan diri adalah general manager dimana ybs resign dengan tiba-tiba tidak sesuai ketentuan yaitu pengajuan 1 bulan sebelumnya. ketentuan pembayaran pesangon apakah hanya mengacu pada UU 13 th. 2003 ? sebab saya pernah membaca surat menteri tenaga kerja no. B.600/MEN/SJ-Hk/VIII/2005 tertanggal 31 Agustus 2005 yang menyatakan bahwa pekerja / buruh yang PHK dengan alasan mengundurkan diri maka pekerja / buruh tsb tidak berhak atas uang pesangon sebagaimana dimaksud dalam pasal 156 ayat 3 UU 13 th. 2003. bolehkah saya mengacu pada ketentuan tersebut ?

    Mohon tanggapannya.. Terima Kasih

    Dyah

  5. 9 Andy Noor

    Singkatnya
    Kalo kerja 7 tahun berarti
    dapat 8 kali gaji tetap (pesangong)+ 3 gaji tetap (penghargaan)
    Jadi penggantian hak nya dapat 11 x Gaji tetap x 15% selain dari hak-hak seperti uang pisah, cuti dll

    semoga bermanfaat

  6. 10 andri budiman

    Dear bapak / ibu
    kakak saya telah bekerja disebuah perusahaan GARMENT ditangerang kurang lebih 12 tahun dan kini beliau telah mengundurkan diri dari perusahaan tersebut,setelah menghadap kepada HRD/Personalia u/menanyakan kapan uang Penggantian Hak yang seharusnya diterima dapat keluar/dibayarkan berdasarkan UU No. 13/2003 tentang ketenaga kerjaan ketentuan pasal 156 (4) maka pihak perusahan tsb mengatakan PERUSAHAAN TIDAK ADA PENGGANTIAN /MEMBAYARKAN UANG APAPUN BILA ANDA KELUAR/MENGUNDURKAN DIRI DARI PERUSAHAAN.
    yang ingin saya tanyakan adalah:
    1.apakah benar apa yang dikatakan oleh perusahan tsb( Pihak HRD)
    2.bila memang ada (uang penggantian hak tsb) kemana melakukan pengaduan mengenai hak kakak saya itu agar dapat diterima beliau dan prosesnya bagaimana ?
    Thanks
    Andri Budiman

  7. Yang disebut dengan “upah” itu meliputi apa saja?
    Saya pekerja dengan pendapatan yang saya peroleh terdiri dari uang harian dan uang gaji bulanan.
    Jumlah uang bulanan saya kurang lebih 30% dari (uang harian x 25).

    Kecil sekali kalau “upah” = gaji bulanan.

  8. 12 cetta asmara

    saya sudah bekerja hampir 3 tahun dan jadi karyawan tetap, saya resign. diperjanjian kerja ada jamsostek tapi tidak dibayarkan. hak saya dalam uu tenaga kerja gimana?

  9. Dear,
    Jika mengudurkan diri padahal masa kerja saya kurang dari setahun (10 bulan), apakah saya berhak atas uang penggantian hak cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur? (UU RI No.13 thn 2003 pasal 156 ayat 4 huruf a) Mohon Bantuan rekan2,terima kasih

  10. 14 teguh setiadi

    saya mau nanya : saya punya rekan kerja dia bekerja kurang lebih selama 5 thn,dia mau resign tp sebelum 3bln lebaran… yang saya tanyakan,Apakah teman rekan kerja saya itu mendapatkan uang THR ato tidak…klpun dapat minta sumbernya…terima kasih

  11. 15 Yohanes

    Bagaimana bila ada karyawan yang tidak mengetahui mengenai Peraturan Perusahaan termasuk SKB perihal hak-hak yang didapat oleh karyawan yang Resign ( mengundurkan diri). sedangkan, di perusahaan tempat saya bekerja mungkin 95% karyawan banyak yang tidak mengetahui tentang aturan perusahaan, karena tidak pernah disosialisasikan. Apakah saya sebagai karyawan hanya bisa menerima segala keputusan ataupun aturan yang berlaku di perusahaan walaupan karyawan tidak mengetahui aturannya. ? Apakah ada kekuatan hukum untuk karyawan untuk menuntut hak-haknya? Sebagai informasi tambahan, saya adalah karyawan senior yang sudah 12th bekerja di perusahaan dengan level manager. Apakah ada semacam uang penghargaan terhadap masa bakti saya? dan ketentuan / aturan mana yang dapat digunakan sebagai acuan untuk memperjuangkan hak-hak saya? Mohon info nya. thanks

  12. 16 muhamat saleh

    saya sangat setuju dgan undang2 yg membela hak2 karyawan.

  13. 17 arter pandaan

    Mohon pencerahannya :
    apabila ada karyawan yang lebih dari 7 hari secara berturut-turut tidak masuk tanpa surat keterangan resmi, apakah yang tindakan yang harus dilakukan

    terima kasih

  14. 18 yani

    saya mau tanya mengenai pengunduran diri jika kurang dari 1 (satu) bulan apakah ada peraturannya gaji di potong 50% dari gaji pokok? saya mohon jawabannya terima kasih dan saya juga mau bertanya mengenai perhitungan hari kerja apabila karyawan tidak bekerja sampai hari kerja yang semestinya bagaimana cara perhitungannya?

  15. 19 lintang

    Diperusahaan tempat saya kerja sekarang karyawan yg mengundurkan diri hanya memperoleh 1. penggantian 15% dari pesangon dan penghargaan masa kerja. 2.Penggantian cuti.

    Tidak mendapatkan penghargaan masa kerja. Bagaimana menyikapi ini?
    Bagaimana kami menjelaskan yg dimaksud dg “tdk mewakili kepentingan pengusaha secara langsung” ?
    mohon dasar hukumnya terimakasih.

  16. salam hormat,
    saya seorang karyawan, bekerja sejak tahun 2007, bos saya mempunyai 3 perusahaan dan semua saya tempati bekerja, saya terdaftar sebagai karyawan dan sempat menjadi kepala biro selama 3 tahun didaerah, saya mengajukan penguduran diri dikarenakan gaji tidak sesuai UMR, gaji pokok yang saya terimah cuma 500.000 perbulan, saya sering tidak masuk kerja dikarenakan cos pengeluran saya jauh lebih besar dibanding dengan gaji yang saya terimah, tapi sayangnya hingga saya keluar saya tidak pernah disedori kontrak ikatan kerja, setelah saya menandatangani surat penguduran diri karna dipaksa pihak HRD, saya hanya menerima 2juta rupiah itupun dipotong utang 1juta sembilan ratus,padahal sebelumnya pihak HRD menyampaikan utang saya diputihkan, jadi total yang sy terimah hanya 100 ribu, mas….apakah selama saya bekerja saya sudah diperlakukan sebagai pekerja sesuai aturan perundang undangan, dan apakah saya harus pasrah dengan keadaan ini,mohon petunjuk,mksih sebelumnya,zul

  17. 21 agus riana

    aslm, saya Agus riana dr purwakarta.. Sy ada keluhan mengenai kakak sy yg sdh 8 thn bekerj di pabrik tekstil yamatex.. Sekrng sdh mengundurkan diri tp blm tau brp hak uang yg hrs diterima.. Katanya walaupn sdh kerja 8thn maka hak karyawan undur diri tetap hanya menerima 3 bln gaji aja.. Apa kah itu benar menurut undang2 ??? Mohon bantuanny pak, tks

  18. 22 Fifi

    Siapa saja yang dimaksud “tugas dan fungsinya mewakili kepentingan pengusaha secara langsung” ?

  19. 23 wahyudin

    kok masih ada kawan saya yg kerja 8 tahun kalau resign tdk dapat konpensasi ya , apakah bisa nuntut dengan adanya pasal ini

  20. 24 aan

    Saya sudah bekerja d pt.indomarco prismatama bandar lampung,saya sdah bkerja kira-kira 2 thun lebih. .dan sudah mjd karyawan tetap. .sekarang saya sudah mengundurkan diri dr perusahaan trsebut, .saya mendaptkan transfer thr sbesar 3 jta rupiah. .tetapi pd saat saya ingin mengambil ijasah asli saya yg di tahan oleh perusahaan,saya harus mengembalikan uang thr senilai 3 jta trsebut. .dan saya mulai mengundurkan diri sejak 25 juni 2012, ,jd apa hak saya dsini. .n jika memang ada masalah di sini tolong jelaskan apa yg mjd hak saya sbenarnya. .

  21. 25 Falisa

    Dear All,

    Saya & teman saya baru saja mengundurkan diri dr tempat saya bekerja. Saya sudah bekerja lbh dari 10thn dan teman saya 17thn.

    Saya mendapat uang pisah 1x GP & teman saya 2x GP. Kami sudah tanya kpd HRD Mgr. ternyata mereka tidak mengikuti peratutan Pemerintah ttp punya peraturan sendiri yg ditandatangani oleh jajaran Direksi grup tsb.

    Yang saya ♍ªªυ̲̣̥ tanyakan apakah kami berhak mendapat uang pisah dr kantor kami (Perusahaan yg tergabung dlm Grup Besar) sesuai dgn peraruran Depnaker yg berlaku saat ini.

    Mohon pencerahannya…

    Thx b4
    Falisa

  22. 26 Iwan Dermawan

    Dengan Hormat,
    Bagaimana untuk karyawan yang mengundurkan diri setelah 1 tahun 3 bulan bergabung di perusahaan tersebut dan mengajukan permohonan pengunduran diri secaratertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulaipengunduran diri; tidak terikat dalam ikatan dinas; dan tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri

    Demikian disampaiakan dan terimakasih,

    IwanD

  23. ternyata banyak ya

  24. salam hormat…saya boleh tanya pak,klo kita mengundurkan diri karna kita sakit,dan sudah diyatakan dokter untuk tidak boleh krj di perusahaan tersebut,perusahaan mengizinkan tapi kita harus bayar sisa kontrak kita keperusahaan,itu gimana pak?

  25. 29 sheila

    Saya bekerja di sebuah perusahaan swasta. Saya mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja sejak tanggal 03 November 2012, tapi sampai sekarang gaji saya pada bulan oktober belum di bayar semuanya. Bahkan pemiliknya terus menghindari saya setiap saya mencoba menanyakan gaji saya tersebut. Kira2 langkah apa yang harus saya perbuat?

  26. 30 Sri lestari kusumawardani

    Saya mau menanyakan apakah ada cara untuk membantu karyawan yg mengundurkan diri tapi gajinya tidak keluar.saya mengalaminya sekarang saya mohon bantuannya,saya tidak tahu harus bagaimana lagi saya sudah berusaha menghubungi kantor tmpt kerja saya tapi tidak ada tanggapan sama sekali.saya bekerja di TRENDZ SALON.sekali lagi saya mohon bantuannya.terima kasih


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

