Pergunakan “Paranoid” untuk menghindari infeksi “Spyware”

Posted: Maret 23, 2007 in Kembali Ke Laptop

Memang menyedihkan kedengarannya tetapi semakin besar kecurigaan dan paranoid Anda, lebih menjamin Anda untuk terhindar dari gangguan spyware. Dengan hanya hanya sedikit kekeliruan klik, Anda sudah beresiko menyebarkan data pribadi Anda di internet. Tetapi dengan dengan sedikit kewaspadaan, Anda dapat terhindar dari segala bahaya spyware.Sebelum Anda meng-install program apapun, tanyalah pada diri Anda sendiri suatu pertanyaan sederhana,’Percayakah Anda pada pembuat program ini untuk mengakses semuanya di PC Anda? Adakah seseorang yang Anda kenal yang merekomendasikan program ini atau Anda hanya mendapatkannya dari iklan banner?’. Jika Anda tidak menemukan alasan yang tepat untuk percaya pada pembuat program tersebut, jangan lakukan install. Itu akan beresiko besar.

Jika Anda masih tertarik dengan ide untuk meng-install sesuatu, baca license agreement dan kebijakan keamanan dari perusahaan pembuat dengan cermat. Seringkali, satu perusahaan memberitahukan adanya aspek spyware/adware dari program-nya dalam keterangan yang jelas, meski kebanyakan orang tidak pernah membacanya.

Tentu saja, kehati-hatian membutuhkan juga suatu jaminan keamanan dan ternyata terdapat program khusus yang bisa didapat secara gratis:

Spybot Search and Destroy, akan memeriksa system Anda untuk semua kemungkinan adanya gangguan spyware dan menghapusnya.

ZoneAlarm tidak hanya melindungi system Anda dari serangan hacker dan worm dari luar, tapi juga secara ketat mengontrol aplikasi apa di komputer Anda yang diijinkan untuk mengirim data lewat internet, membuat Anda bisa menghentikan spyware sebelum beraksi mengambil semua data pribadi Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s