Tips menjaga kondisi LCD ponsel anda

Posted: Maret 23, 2007 in Ponsel

Kebutuhan ponsel atau telepon selular alias ‘handphone’ kini bukan lagi hal eksklusif, maka tak heran jika sebagian besar orang kini menggunakannya sebagai bagian dari kebutuhan hidup. Apalagi adanya fasilitas SMS memungkinkan komunikasi terjalin lebih ekonomis namun efektif.Memakai ponsel memang perkara mudah, apalagi untuk ‘handphone’ yang masih baru. Namun demikian, salah satu kiat untuk menjaga keawetan ponsel anda adalah merawat LCD ponsel, yakni bagian dari ponsel yang digunakan untuk menampilkan data text dan gambar, yang sering dikeluhkan para penggunanya. Tips ini semoga dapat membantu anda agar lebih hati-hati menjaga LCD ponsel anda.

Pertama, jika anda membeli ponsel baru dan bergaransi, sebaiknya jangan buru-buru mengikuti trend mengganti lampu layar ponsel anda. Sebab hal ini akan membuat anda kehilangan garansi dari tempat anda membeli ponsel. Jika proses pemasangan lampu LCD dilakukan kurang rapi dan baik, bisa jadi anda akan rugi berganda. Selain ponsel anda jadi bakal rusak, LCD-nya belum tentu akan seperti semula, juga kehilangan garansi.

Kedua, dari pengalaman, ponsel yang telah melewati masa dua tahun apalagi lebih akan mengalami penurunan kemampuan pada LCDnya. Jika memang telah mulai terjadi ‘katarak’ alias makin kaburnya layar LCD anda, segera hubungi service resmi dan ganti LCD ponsel anda.


LCD Monochrome

Ketiga, jangan terlalu sering ponsel anda terkena guncangan (kecuali pada tipe ponsel yang dirancang tahan goncang seperti pada merk tertentu), jika dibiarkan LCD akan mengalami kerusakan.

Keempat, Usahakan jangan sampai bagian LCD ponsel anda tertekan atau ditekan. Ini sangat penting. Jika sampai dalam kondisi tertekan, layar LCD akan mengeluarkan cairannya. Alhasil LCD ponsel anda akan mengalami blank.

Kelima, usahakan jangan sampai LCD ponsel anda terkena cahaya matahari langsung maupun terkena panas atau terkena suhu terlalu dingin, karena dapat mengurangi kinerja dan kualitas kristal cair pada LCD tersebut. (LCD = Layar Kristal Cair)

Keenam, Jika anda ingin mengganti casing, usahakan cari casing yang ukurannya pas benar dengan casing yang original. Jarak casing non original umumnya terlalu dekat dan cenderung menekan layar LCD ponsel. Jadi, perhatikan jarak casing depan dengan layar LCD anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s