Fungsi HRD dalam pembuatan Job Desc

Posted: Maret 26, 2007 in Klinik HRD

Saya masih awam dengan HRD.Kalau boleh diterangkan sebenarnya seberapa besar peranan dan apa saja fungsi HRD dalam suatu perusahaan? Lalu bagaimana kaitannya dengan pembuatan job desk.dan masalah recruitment karyawan? Karena ada pernyataan bahwa pembuatan job desk.dan recruitment bukan tanggungjawab HRD dgn alasan HRD tidak tahu pekerjaan yang dilakukan oleh tiap divisi dan karyawan yang seperti apa yang dibutuhkan oleh tiap divisi,selain dari manajernya masing-masing.Nah, kalau sudah begitu lalu apakah masih diperlukan HRD? Mohon penjelasannya,pak.Terima kasih.

Jawaban

Peran HR Department di dalam perusahaan sangat penting karena mereka yang bertanggung-jawab mencari, mendapatkan talenta yang diperlukan, maupun mempertahankan dan memotivasi talenta-talenta yang ada sehingga perusahaan dan berbagai fungsi dan departemen di dalamnya dapat mencapai tujuannya. Alasan lain, karena sekitar 30-70% biaya operasi digunakan untuk biaya (atau dapat dilihat sebagai investasi) SDM, perusahaan tentu memiliki kepentingan finansial untuk memberikan perhatian besar pada kegiatan dan fungsi SDM.

Tanggung-jawab HR dalam pembuatan job description dan rekrutmen lebih banyak ke arah mengelola proses atau aktivitasnya. Selain pengetahuan pengelolaan SDM yang mendalam, akan lebih baik bila staf HRD juga memiliki pengetahuan umum mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh masing-masing divisi, misalnya, proses umum produksi atau keuangan, namun pengetahuan teknis yang mendalam dari suatu pekerjaan tertentu akan tergantung pada divisi-divisi. Tidak semua dapat diketahui oleh HRD, sehingga mereka lebih banyak berperan di dalam mengelola prosesnya.

Komentar
  1. Dodon mengatakan:

    saya adalah seorang staff HRD yg saya ingin tanyakan adalah langkah awal apakah yang harus diperhatikan dalam penyusunan sebuah job desk bagi suatu perusahan?, kiat2 yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan usaha tersebut?
    terimakasih sebelumnya.

  2. Lucky Handayani mengatakan:

    Saya karyawan yang bekerja di PMDN dan baru diangkat sebagai HRD, yg mana comp. kami sblm nya tdk memiliki HRD. Dan 1 hal lg, back ground saya bkn dr hukum atw psikology tp dr Mark.Mgt..(prtimbangan pengankatan saya krn saya org terlama dicomp, yg mngetahui seluk beluk perusahaan & karyawan)..
    Pertanyaan nya…:
    1 Bagaimana system recruitmen yg bnar?
    2.Test apa saja yg hrs dilakukan utk recruitment ?
    3. Apasaja basic Program Orientasi karyawan yg diprlukan utk krywn baru/ yg dlm masa percobaan.
    4. bagaimana cr meningkatkan kualitas SDM, dan meningkatkan tata tertib slain dgn peraturan peruahaan?
    5. Apakah ada situs khusus HRD dimana kami bs saling share dan berbagi Knowledge ttg HRD

    Mohon petunjuknya…

  3. nakmengwi mengatakan:

    Untuk semuanya . . . kalo mau liat yang lebih lengkap tentang artikel ini, coba kunjungi portalhr.com. Kayaknya sumbernya dari sana deh….

  4. Haruman Wiranegara mengatakan:

    Sebagai karyawan tentunya kita memiliki basic kelimuan yang berbeda, saya kebetulan kerja di Perusahaan yang membantu dalam HRD, dan saya masih sangat awam. yang ingin saya tanyakan apa ada instrument yang standar untuk recruitmen karyawan ? dimana kira-kira bisa saya peroleh , pengetahuan yang praktis mengenai hal ini?
    terima kasih

  5. irfan dexter mengatakan:

    Kiat menjalankan lingkup dan tanggung jawab HRD

  6. sugihartono mengatakan:

    saya karyawan di suatu perusahaan, apa yang saya lakukan bila pungsi, tanggung jawab HRD di perusahaan saya hanya terpokus pada pelanggaran, penekanan dan berdasarkan sakit hati ketika dia belum menjabat sebagai HRD terhadap karyawan, sedangkan pembinaan, sosialisasi dan kesejahteraan karyawan diabaikan, tindakan apa yang harus saya lakukan ?

Tinggalkan Balasan

