Mengajukan Permintaan menjadi Karyawan Tetap

Posted: Maret 26, 2007 in Klinik HRD

Saya seorang karyawati di salah satu perusahaan swasta. Saya bergabung di perusahaan tempat saya bekerja sekarang sejak Januari 2006. Dan saya dikontrak sampai dengan Januari 2007. Sampai dengan saat ini perusahaan masih membutuhkan saya karena saya menunjukkan prestasi kerja yang baik.

Pada akhir Desember nanti saya akan ditawarkan kontrak baru. Yang jadi pertanyaan saya : Apakah saya berhak untuk mengajukan permintaan menjadi karyawan tetap? Dan juga apakah saya berhak mengajukan kenaikan gaji sebesar 40% dari gaji saya sekarang ?

Fauziah , JL.S parman kav.103

Jawaban

Halo Ibu Fauziah,

Ada dua hal yang Ibu tanyakan, yaitu perubahan status karyawan kontrak menjadi karyawan tetap dan kenaikan gaji.

1. Ibu bisa saja mengajukan permintaan untuk menjadi karyawan tetap, namun perusahaan berhak untuk menolak permintaan Ibu. Yang dapat dijadikan pegangan adalah, UU No.13/2003 Pasal 59 Ayat 4 terlampir di bawah ini yang membatasi waktu perpanjangan kontrak kerja paling lama 2 (dua) tahun dan hanya boleh diperpanjang 1 (satu) kali untuk jangka waktu paling lama 1 (tahun) tahun. Dengan demikian, tekanan bagi perusahaan untuk mempekerjakan Ibu sebagai karyawan tetap akan terjadi pada akhir tahun 2007.

Berdasarkan pengalaman, perusahaan akan dengan senang-hati merubah status karyawan kontrak menjadi tetap bila prestasi kerja karyawan tersebut baik dan perusahaan sedang membutuhkan tenaga karyawan tersebut. Usul saya, tetaplah bekerja sebaik mungkin sehingga perusahaan tertarik untuk mempertahankan Ibu dan menjadikannya sebagai karyawan tetap. Dengan prestasi kerja yang baik, kesempatan Ibu bekerja di mana saja juga semakin besar karena perusahaan yang sekarang tentu dengan senang-hati dapat memberikan surat referensi yang baik mengenai prestasi kerja Ibu selama ini.

2. Usulan kenaikan gaji 40% atau lebih bisa saja diajukan, walau karena tidak ada keharusan dari sisi hukum untuk melakukannya, perusahaan dapat saja tidak memenuhi permintaan Ibu. Kembali pada akhirnya sejauh mana perusahaan membutuhkan Ibu dan berapakah investasi (gaji) yang mereka perlu berikan untuk membuat Ibu mau bekerja bagi mereka. Bila Ibu sangat diperlukan oleh perusahaan, meminta kenaikan 100% pun boleh-boleh saja dilakukan. Dengan demikian, kembali usulan saya adalah, bila usulan Ibu tidak diterima, tetaplah berprestasi kerja yang baik, karena hal ini akan memperbesar kemungkinan Ibu akan dihargai lebih baik oleh perusahaan tempat Ibu bekerja saat ini maupun yang lain.

Semoga membantu dan semoga sukses selalu menyertai Ibu Fauziah.

Salam,

Irwan Rei

Lampiran: UU No.13/2003, Pasal 59

(1) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu, yaitu : pekerjaan yang sekali selesai atau yang sementara sifatnya; pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama dan paling lama 3 (tiga) tahun; pekerjaan yang bersifat musiman; atau pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk tambahan yang masih dalam percobaan atau penjajakan.

(2) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat diadakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

(3) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu dapat diperpanjang atau diperbaharui.

(4) Perjanjian kerja waktu tertentu yang didasarkan atas jangka waktu tertentu dapat diadakan untuk paling lama 2 (dua) tahun dan hanya boleh diperpanjang 1 (satu) kali untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun.

(5) Pengusaha yang bermaksud memperpanjang perjanjian kerja waktu tertentu tersebut, paling lama 7 (tujuh) hari sebelum perjanjian kerja waktu tertentu berakhir telah memberitahukan maksudnya secara tertulis kepada pekerja/buruh yang bersangkutan.

(6) Pembaruan perjanjian kerja waktu tertentu hanya dapat diadakan setelah melebihi masa tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari berakhirnya perjanjian kerja waktu tertentu yang lama, pembaruan perjanjian kerja waktu tertentu ini hanya boleh dilakukan 1 (satu) kali dan paling lama 2 (dua) tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s