Meraup RupiahLewat Cucian

Posted: Maret 26, 2007 in Wirausaha

Semakin padat dan dinamisnya kinerja, menuntut seseorang untuk mengatur waktunya sebaik mungkin. Namun, sangat kecil sekali semua orang memiliki kemampuan manajerial dalam membagi waktunya, apalagi untuk hal-hal dianggap sepele namun berpengaruh besar sekali bila menunda hal yang satu ini.

Aktivitas yang kecil namun membawa pengaruh besar tersebut yaitu mencuci pakaian. Bila dipikir berapa banyak orang dikota besar yang bisa membagi waktunya untuk mencuci pakaiannya sendiri, sejak pagi sudah bergelut dengan pekerjaanya, pulang dari kantor sudah malam, biasanya hanya ada satu dibenak pikiran yaitu istirahat.

Ironisnya untuk pakaian-pakaian dari bahan tertentu, seperti beludru ataupun sutra harus dikerjakan di tempat yang khusus, karena bisa jadi akan rusak ditambah pakaian yang menumpuk membuat pemandangan yang tidak mengenakan, menghiasi seisi rumah. Pergeseran gaya hidup pun menjadi bagian tidak terpisahkan, pelayanan serba instan menjadi sebuah pilihan, terutama dalam aktivitas mencuci pakaian.

Bagusnya, bila dari sisi bisnis, ini bisa menjadi lahan yang sangat menguntungkan, bayangkan saja kalau disetiap rumah dan disetiap kos-kosan mempunyai problema yang sama, dapat dipastikan kita meraup keuntungan yang cukup besar.

Bisnis laundry kiloan atau yang lebih dikenal nama cuci kiloan ini merupakan bisnis laundry yang secara murni menghitung harga per Kg mulai dari 0-1 Kg,1,1-2 Kg, 2,1-3 Kg dan seterusnya. Biasanya tempat cucian kiloan yang tidak memberlakukan pembatasan minimal terletak di daerah kos-kosan yang didominasi oleh mahasiswa.

Bisnis laundry kiloan untuk kalangan mahasiswa sudah mulai dikenal, dan banyak kalangan yang mempergunakan rumah-rumah mereka berada disekitar kampus digunakan untuk membuka usaha ini, namun yang terpenting harus menggunakan mesin cuci yang kualitasnya di atas mesin cuci rumahan (semi heavy duty), selain air harus bersih. Salah satu contoh daerah-daerah yang terdapat bisnis ini adalah disekitar Kampus Tri Sakti Grogol, UI Depok, Salemba Raya.

Bila melihat disekitar Kampus Binus pasti akan menemukan usaha laundry ini, namanya Circle Hope sebuah bisnis laundry kilioan yang difokuskan untuk kalangan mahasiswa, bagi pemilik bisnis laundry Circle Hope Bayu Andhyka Jaya.S, pihaknya merasa kalangan mahasiswa adalah segmen yang paling besar terutama mahasiwa yang hidup dikosan. Hal ini terbukti melalui survey yang dilakukannya dimana tempat pencucian di kos-kosan kurang bersih, kurang kering, dan kadang hilang, sehingga bisnis laundry kiloan menjadi jawaban dari permasalahan para mahasiswa, dengan harga yang terjangkau dimana 1 Kg harga yang dipatok sekitar Rp.8500.

Jebolan Kampus di Australia ini, menilai bisnis yang telah dibuat sejak 3 tahun yang lalu ini sangat menguntungkan, bayangkan saja bermodal sekitar 25 Juta Rupiah dalam 6 bulan sudah kembali modal. Namun demikian yang harus diperhatikan dari bisnis laundry kiloan adalah rasa kepercayaan konsumen, pelayanan yang baik dan garansi 100 % bila baju yang dicuci rusak ataupun hilang. Besarnya keuntungan dari bisnis ini karena Circle Hope menggunakan rumah sebagai tempat usaha, sehingga tidak perlu bayar sewa.

Lalu bagaimana dengan bisnis laundry professional ? Kalau dilihat dari segi harga jelas laundry kiloan akan menjadi alternatif bagi para mahasiswa, karena murahnya harga yang ditawarkan.

Berkembangnya bisnis laundry kiloan ini, ternyata dilirik pula oleh Tati Tris Sugihandini, pemilik dan pengelola Kilo Laundry yang berpusat di Kawasan Bintaro, Jakarta, menurutnya bisnis ini sangat menguntungkan terutama di musim hujan dan banjir kemarin, permintaan akan jasa laundrynya meningkat. Untuk konsep sedikit berbeda dengan yang diterapkan oleh Circle Hope, Kilo Laundry lebih menerapkan untuk umum dan mahasiswa, untuk sistem pemakaian jasa minimal 7 Kg.

Ada yang menarik dengan Kilo Laundry ini, alat yang digunakan langsung dikirim dari luar negeri, walaupun bersifat kiloan namun secara kualitas tidak kalah dengan laundry kiloan walaupun belum menggunakan parfum diplastik pembungkus pakaian.

Untuk pembayaran, pihak Kilo Laundry memberikan harga spesial untuk para mahasiswa, yang cukup membayar Rp. 31.500/7 Kg (wajib bawa kartu mahasiswa, dan langsung yang berkepentingan), sementara untuk umum Rp.35.000/7 Kg.

Mengenai modal yang dikeluarkan memang cukup besar sekitar 200 juta Rupiah, namun menurut perempuan jebolan SI Ekonomi Universitas Pancasila ini, besarnya modal karena penyewaan tempat, kalau soal harga mesin tidak terlalu mahal sekitar 75 juta Rupiah.

Baik Circle Hope dan Kilo Laundry, mempunyai prinsip dalam berbisnis yaitu memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, karena itu menjadi kunci keberhasilan sebuah usaha. Sekarang ini keuntungan yang diraih Kilo Laundry menurut ibu dua anak ini, akan kembali modal pada tahun ini, karena keuntungan yang didapat dipakai untuk mengembangkan usaha, dan sekarang ini sudah 5 cabang yang ada, salah satunya di Salemba.

Demikian peluang bisnis yang dapat menjadi alternatif pilihan anda, apalagi bila mempunyai rumah yang dekat dengan kampus. Namun yang perlu diperhatikan perkembangan bisnis apapun bentuk dan modal yang dikeluarkan, harus diiringi dengan penglihatan yang jeli akan peluang tersebut. Dengan kata lain, seberapa besar konsumen membutuhkan dan mau menggunakan jasa yang kita tawarkan, karena hal itu sangat menentukan bagi keberhasilan seseorang menuju kesuksesan. (fir)

Komentar
  1. tambar mengatakan:

    Hello,
    Aku minta tolong ya dikasih tahu alat untuk pengering yang dry cleaning untuk jenis pakaian jas,dll yang tdk usah diloundry. tanks tak tunggu segera

  2. tambar mengatakan:

    maksudnya mesin dry cleaningnya di jogja ada tidak? aku butuh banget karena aku baru buka usaha loundry, tapi ada yang pingin dikeringkan saja terus bersih tidak pakai cuci basah loundry. kirim segera please….

  3. tanti mengatakan:

    Cari mesin dry cleaning nya di mana yg murah ya ??? Juga setrika yang cepet, baru mau mulai usaha laundry nich ??? Thanks ya ….

  4. tanti mengatakan:

    Bisa bantu info tempat cari mesin – mesin laundry yang murah gak ???
    Thanks ya ….

  5. darma mengatakan:

    saya baru ingin mulai usaha loundry kiloan. apa saja sih yang harus saya persiapkan? apa saja yang harus saya perhatikan?
    alat apa saja yang saya perlukan? dimana sih tempat yang paling murah membeli semua alat,bahan,semua keperluan yang saya butuhkan? tolong dong bantu saya….

  6. widono mengatakan:

    Iya sy jg cr mesin dry cleaning n setrika yg cepet yg murah dimana ya, pls dong, thx be 4

  7. rdk28jmmi mengatakan:

    Assalamualaikum,

    saya berencana membuka usaha loundry, tapi masih bingung apa apa yang harus dipersiapkan, trus bagaimana cara memilih mesin cuci yang bagus, trus SDM nya dari mana dan bagaimana cara pembagian hasilnya ?. Syukron

    Wassalamualaikum WR. WB

  8. adi mengatakan:

    bisa tolong dibantu kalau untuk usaha laundry kiloan didaerah bekasi prospeknya bagaimana? trus informasi ttg frainchaise laundry kiloan dan alamatnya, thx

  9. Pungky mengatakan:

    Assalamualaikum Wr.Wb

    Saya tertarik untuk berbisnis laundry kiloan, kira – kira apa yang harus saya persiapkan mengingat pemahaman dasar saya tentang bisnis ini belum ada.
    Pertanyaan saya :
    1. Dimana saya bisa mendapatkan mesin laundry dengan harga yang murah, kualitas bagus dan persyaratan yang mudah, bisa tidak jika alat tersebut dibeli secara kredit?
    2. Bagaimana cara memilih SDM yang bermutu, apakah ada keahlian khusus?
    3. Apakah biaya listrik yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi?

    Terima kasih atas kerjasamanya untuk menjawab pertanyaan ini.

    Wassalamualaikum Wr. Wb

  10. herry oktaviandhy mengatakan:

    mau nanya neh …. klu dry cleaning tuh yang seperti apa ya?dan klu mau cari yang murah dmn?saya berencana akan membuka usaha loundry di kota saya….minimal mesin yg seperti apa yg di perlukan?thanx

  11. Antonius mengatakan:

    Teman teman neter selkalian, saya bisa bantu mensupply mesin-mesin laundry. jadi jika ada yang perlu informasi akan saya bantu. tks.
    Antonius R
    0856-24-772-899
    (021) 988-96853
    Matari_bdg@yahoo.com

  12. antonius mengatakan:

    saya butuh data peralatan u/ dry clean
    kira kira merk apa yang bagus & murah
    tks

  13. sangaji mengatakan:

    mohon info ttg bisnis plan usaha laundry kiloan. Sekiranya apa saja yang dibutuhkan. Trus penentuan harga per kilonya dasarnya dari mana? mohon pencerahan

  14. agung NS mengatakan:

    Untuk info mengenai yang ingin buka usaha laundry bisa klik di http://www.simplyfreshlaundry.com
    sekian informasi dari saya, terimakasih..

  15. Tonny mengatakan:

    saya baru ingin mulai usaha loundry kiloan. apa saja sih yang harus saya persiapkan? apa saja yang harus saya perhatikan?
    alat apa saja yang saya perlukan? dimana sih tempat yang paling murah membeli semua alat,bahan,semua keperluan yang saya butuhkan? tolong dong bantu saya….

  16. Tonny mengatakan:

    saya baru ingin mulai usaha loundry kiloan. apa saja sih yang harus saya persiapkan? apa saja yang harus saya perhatikan?
    alat apa saja yang saya perlukan? dimana sih tempat yang paling murah membeli semua alat,bahan,semua keperluan yang saya butuhkan? tolong dong bantu saya….

    tosan65@yahoo.com

  17. Toni mengatakan:

    Sy ren mau buka laundry kiloan apa saja yang harus dipersiapkan(termasuk item alatnya).

  18. Afandi mengatakan:

    Saya coba tawarkan untuk detergent bubuk yang biasa atau matic dengan harga yang murah dan kualitas eksport.
    Kami juga menyediakan softener + pewangi dan pelicin pakaian untuk setrika.

    Hotline : 0811 91 0428
    YM : detergent_motto
    Website : http://www.detergent-motto.com

  19. Afandi mengatakan:

    Mau numpang tuk perkenalkan detergent bubuk biasa maupun matic untuk laundry, dengan harga yang murah kualitas eksport, Jaminan uang kembali. Tersedia juga Softener dan pewangi dan pelicin untuk setrika

  20. shafwah mengatakan:

    cara untuk memulai bisnis laudry kiloan gimana yach..? terima kasih

  21. maniKlin mengatakan:

    hai…bagi temen-temen yang tertarik buka usaha laundry terutama yang sistemnya perkilo…kami laundry kiloan pertama di bandung yang sudah hampir 4 tahun berdiri mencari rekanan untuk kerjasama baik bermitra maupun dengan sistem waralaba, untuk daerah jakarta, bekasi, bogor, kerawang, purwakarta, cirebon, tasik, garut, sumedang.

    dengan senang hati bisa kontak kami di 0818 422 333 didi subandi

    jaminan BEP 8-12 Bln.

    atau kalau rekan-rekan main ke bandung bisa datang ke cabang maniKlin (pusat cuci kiloan) kami di Jl. Dipati Ukur 66E Dago 022 250 52 47 atau Jl. Setia budi 119D 022 2040646

    trims

  22. BUDI mengatakan:

    saya tertarik untuk berbisnis laundry kiloan, kira – kira apa yang harus saya persiapkan mengingat pemahaman dasar saya tentang bisnis ini belum ada.
    Pertanyaan saya :
    1. Dimana saya bisa mendapatkan mesin laundry dengan harga yang murah, kualitas bagus dan persyaratan yang mudah, bisa tidak jika alat tersebut dibeli secara kredit?
    2. Bagaimana cara memilih SDM yang bermutu, apakah ada keahlian khusus?
    3. Apakah biaya listrik yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi?

    Terima kasih atas kerjasamanya untuk menjawab pertanyaan ini.

  23. ita mengatakan:

    hi… aku tertarik banget nih buat ikutan bisnis laundry kiloan. tapi aku gak tau gimana caranya. bisa bantu aku gak:
    1. kira2 modalnya berapa ya, kalo buka usaha yang kecil2an aja dulu
    2. peralatan dan keperluan usaha itu bisa didapat dimana ya?
    3. estimasi BEP nya berapa lama?

    tolong banget bantu aku ya…

    aku tunggu jawabannya lho!!!

    thx

  24. amanda mengatakan:

    ass,wr.wb.

    Saya amanda saya mau membuka jasa laundry kiloan, saya butuh informasi mengenai merk-merk mesin yang dipakai untuk laundry kiloan, detergent apa yang murah ,softener, penghilang spott, dll seperti yang dipakai oleh kilo laundry di bintaro atau jasa laundry lain pada umumnya.

    wass,amanda

    manda_sanny@yahoo.com

  25. orowodol mengatakan:

    Mau info tentang franchise laundry kiloan atau waralaba laundry kiloan coba main-main ke :
    http://www.sikinclong.com
    mungkin kawan-kawan bisa banyak belajar ke laundry si kinclong yang ada di bandung. dia udah jalanin itu usaha lebih dari tiga tahun. di koran PR (bandung) tanggal kemarin dibahas khusus di rubrik features tentang laundry kiloan.

  26. nadya mengatakan:

    saya mau tanya info mengenai perusahaan laundry kiloan yg mau buka cabang di daerah tanah abang.krn utk franchise saya ga punya modal..
    thx’s

  27. Dwi Subakti mengatakan:

    Saya seorang pemuda dgn umur 24 th, saya ingin mendirikan sebuah laundry tetapi saya belum tahu seluk beluk laundry.
    pertanyaan saya:
    1. bagaimana konsep awal mendirikan laundry?
    2. bagaimana strategi pasar laundry?
    3. apa saja yang harus saya siapkan untuk awal mula mendirikan laundry?

  28. aditya mengatakan:

    Buat rekan-rekan yang akan usaha laundry kiloan tapi belum punya pengalaman silahkan hubungi kami, kami siap memberikan training dengan dasar pengalaman kami sebagai pionir laundry kiloan di Indonesia.
    best regards
    aditya

  29. aditya mengatakan:

    Buat rekan-rekan yang akan usaha laundry kiloan tapi belum punya pengalaman silahkan hubungi kami, kami siap memberikan training dengan dasar pengalaman kami sebagai pionir laundry kiloan di Indonesia.Kunjungi web kami http://www.easyclean.co.id atau aditya@easyclean.co.id
    best regards
    aditya

  30. Harry mengatakan:

    Assalamualaikum Wr.Wb

    saya baru ingin mulai usaha loundry kiloan. apa saja sih yang harus saya persiapkan? apa saja yang harus saya perhatikan?
    alat apa saja yang saya perlukan? dimana sih tempat yang paling murah membeli semua alat,bahan,semua keperluan yang saya butuhkan? tolong dong bantu saya….

    Saya tertarik untuk berbisnis laundry kiloan, kira – kira apa yang harus saya persiapkan mengingat pemahaman dasar saya tentang bisnis ini belum ada.
    Pertanyaan saya :
    1. Dimana saya bisa mendapatkan mesin laundry dengan harga yang murah, kualitas bagus dan persyaratan yang mudah, bisa tidak jika alat tersebut dibeli secara kredit?
    2. Bagaimana cara memilih SDM yang bermutu, apakah ada keahlian khusus?
    3. Apakah biaya listrik yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi?

    Terima kasih atas kerjasamanya untuk menjawab pertanyaan ini.

    Wassalamualaikum Wr. Wb

  31. Alia Amaliah mengatakan:

    Seperti kawan2 diatas, saya juga berminat buka laundry tapi lokasinya akan berada di area apartment. Tolong infomasikan dengan lengkap bagaimana cara memulainya. Intinya step2 apa yang harus saya lakukan, ukuran ruangan, berapa watt listrik yang dibutuhkan, peralatan apa saja dan dimana saya bisa mendapatkannya (terutama peralatan yang cukup bagus dengan harga kompetitif, standard salary pegawainya dan yang lainnya. Terima Kasih.

  32. syahril mengatakan:

    saya juga sangat tertarik bisnis laundry kiloan,..
    mohon bantuan :
    1. cara mulai usaha ini
    2. berapa modal untuk pemula
    3. dimana saya bisa dapatkan panduan bisnis laundry kiloan

    terima kasih

    syahril

  33. priansyah mengatakan:

    salam kenal, sya butuh informasi plus-minusnya bisnis laundry kiloan. karena saya sangat tertarik dgn bisinis laundry kiloan. mohon informasinya. Atas waktu dan informasinya saya ucapkan terima kasih.

    Regard`s

    Priansyah Simamora (priansyah_simamora@yahoo.com)

  34. Ade Solihin mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr. wb.,

    Untuk yang punya usaha laundry, saya mau menawarkan produk pewangi pakaiannya.
    Murah lho per liter Rp. 6,000.-
    Kemasan yang tersedia : Jerigen ukuran 5 liter
    Wanginya tahan lama

    Informasi selengkapnya, hubungi saya di :
    * Flexi : (021) 32455375
    * Simpati : 081318125304
    * Indosat IM3 : 085711524419

    Salam,
    Ade

  35. Desy mengatakan:

    Di kota saya bisnis laundry kiloan masih belum banyak berkembang, terus terang saya sangat tertarik.
    Saya ingin sekali menemukan mesin laundry dengan kualitas baik namun harganya juga masih terjangkau, dimana saya dapat menemukannya? …terima kasih.

  36. alex mengatakan:

    Pertanyaan saya :
    1. Dimana saya bisa mendapatkan mesin laundry ( cuci dan pengering,setrika )dengan harga yang murah, kualitas bagus dan persyaratan yang mudah, bisa tidak jika alat tersebut dibeli secara kredit?
    2. Bagaimana cara memilih SDM yang bermutu, apakah ada keahlian khusus?
    3. Apakah biaya listrik yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi?

    Terima kasih

  37. Helmy mengatakan:

    http://www.harusbeli.com

    Salam,
    menjual mesin laundry (dryer bahan bakar gas hemat listrik dan washer), kapasitas 10 kg (second)
    kondisi 90 %, made in USA, diantaranya merk : GE (General Elcktric), Speed Queen, Whirlpool, RCA dan Maytag. cocok untuk usaha laundry kiloan.
    Silahkan kunjungi http://www.harusbeli.com

  38. tinobudi mengatakan:

    Bagi yang ingin atau sedang berbisnis laundry, saya menawarkan detergent dengan kualitas bagus tetapi dengan harga MURAH.
    Jika Anda ingin melakukan Pembelian atau menanyakan stok yang tersedia, Anda dapat bertanya melalui SMS ke 0815 8558 8512 atau email ke detergent.murah@gmail.com jika Anda menginginkan jawaban lebih cepat.

    Berikut daftar harga beserta keterangan kualitasnya.

    Kode________Harga________________Keterangan

    AM 8________6.000/KG_____________Kualitas Rendah

    AM 8 SPL____6.500/KG_____________Cocok untuk Laundry

    AM 14_______7.100/KG_____________Kualitas sama dengan detergent BO*M

    AM 16_______7.300/KG_____________Kualitas sama dengan detergent Vi*o

    AM 18_______8.750/KG_____________Kualitas sama dengan detergent Da*a

    AM 28_______10.200/KG____________Kualitas sama dengan detergent Rin*o

    2,5% kami sumbangkan kepada yang berhak

    KUNJUNGI KAMI DI
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=310679482#post310679482

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s