300 – Movie Review

Posted: Maret 27, 2007 in Film

300 (2007, Warner Bros./Virtual Studios/Legendary Pict.)
Genre : Action/Adventure/ Fantasy
Starring: Gerard Butler, Lena Headey, David Wenham, etc.
Director: Zack Snyder
Story : Zack Snyder & Kurt Johnstad
Music : Tyler Bates
Runtime : approx. 117 minutes

The Story
Dahulu kala, sewaktu Kerajaan Sparta masih berjaya, adalah sang raja bernama Leonidas yang memerintah dengan arifnya. Bersama dengan sang ratu, Gorgo, Sparta kala itu dikenal sebagai negeri yang tentram, sampai suatu ketika muncullah pembawa pesan dari Kerajaan Persia.
Kala itu, raja Persia, Xerxes, sudah menguasai hampir seluruh dunia, namun Sparta ternyata tak bisa begitu saja tunduk pada sang raja Persia. Bahkan sang pembawa pesan pun dibunuh oleh Leonidas. Hal ini sempat mengkhawatirkan para pemuka agama apalagi Oracle meramalkan apabila terjadi perang, Sparta akan kalah. Namun, Leonidas bersama pasukannya yang terdiri dari 300 orang putera Sparta sudah bertekad untuk meredam ambisi Xerxes lewat peperangan. Pertempuran demi pertempuran pun mereka lewati, sampai akhirnya, tak disangka seorang pengkhianat, Ephialtes, memberi tahu jalan rahasia untuk menyerang pasukan Sparta pada Xerxes. Maka, sebuah pertempuran dahsyat pun terjadi, Leonidas dan pasukannya yang terkepung oleh pasukan Persia pun berusaha mempertahankan diri mereka, akankah mereka meraih kemenangan dan kemerdekaan. …

SPARTANS!! TONIGHT WE DINE IN HELL!!
Setelah Sin City meraih sukses yang cukup bagus, kini muncul kembali film yang diangkat dari graphic novel karya Frank Miller, 300.  Ceritanya sendiri diadaptasi dari sebuah kisah epik sejarah kerajaan Sparta kala meredam ambisi pasukan kerajaan Persia dimana Sparta hanya memiliki pasukan dari 300 orang sementara pasukan Persia berjumlah jutaan orang. Sebagai sutradara dipilih Zack Snyder (Dawn of The Dead), sama halnya dengan Sin City, Snyder pun meramu film ini dengan banyak menggunakan teknik blue screen, hal ini membuat tampilan film begitu berseni dan mirip seperti membaca sebuah komik yang hidup.

Tokoh Leonidas sendiri dipercayakan pada Gerard Butler (Timeline, The Phantom of The Opera), sang ratu, Gorgo oleh Lena Headey (Gossip).
Didukung oleh David Wenham (Lord of the Rings 2) dan Vincent Regan (Troy) sebagai salah seorang pengikut Leonidas, sedangkan raja Xerxes diperankan oleh Rodrigo Santoro (Love, actually), dan si pengkhianat Ephialtes oleh Andrew Tiernan.

Adegan-adegan aksi yang didominasi oleh slow motion memang memanjakan
para penggemar film aksi kolosal, selain itu latar belakang film ini yang sebagian besar menggunakan teknik animasi komputer semakin membuat penonton terbuai dalam menyaksikan adegan demi adegan dalam 300. Memang, ceritanya sendiri sudah tidak `plek` 100% sama dengan kisah sejarahnya, namun yah kita harus menerima bahwa film ini memang diangkat dari sebuah komik, dimana ceritanya sudah pasti dibumbui oleh hal-hal yang tidak sama dengan sejarahnya. Sementara dari segi akting, saya rasa tidak ada yang menonjol dari film ini, sementara dari segi adegan, saya sedikit terkejut dengan adanya beberapa adegan yang mirip dengan adegan dalam film Hero-nya Jet Li ataupun
Gladiator-nya Russell Crowe.

Akhir kata, bagi Anda penggemar film aksi kolosal, rasanya akan dihibur oleh sebuah tontonan yang lain dari biasanya, namun apabila keotentikan sejarah dari isi cerita yang anda cari, mungkin Anda akan sedikit kecewa, namun fakta membuktikan bahwa 300 merupakan film pertama yang menembus angka diatas 50 juta dollar pada pemutaran minggu pertamanya, dan bisa jadi menjadi film terlaris di awal tahun ini.
Peace
Joze

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s