An American Haunting – Movie Review

Posted: Maret 27, 2007 in Film

AN AMERICAN HAUNTING (2006, Freestyle Pictures)
Genre : Thriller/Mystery/ Horror
Starring: Donald Sutherland, Sissy Spacek, Rachel Hurd-Wood, etc.
Director: Courtney Salomon
Story : Courtney Salomon & Brent Monahan
Music : Caine Davidson
Runtime : approx. 90 minutes

The Story
Bersetting di pedalaman Amerika pada sekitar tahun 1818-1820. Film dibuka dengan adegan pada masa kini. Adalah seorang bocah perempuan yang sering terusik oleh mimpi-mimpi seram. Tak sengaja si ibu membuka sebuah surat wasiat yang mengungkap misteri rumah yang mereka tempati.
Cerita pun beralih pada tahun 1818, kala itu keluarga Bell yang terdiri dari John si kepala keluarga dan Lucy, sang ibu, hidup aman tentram bersama dua orang anak mereka John dan Betsy. Namun, tiba-tiba muncul suara-suara aneh, serta kekuatan gaib yang mengganggu ketentraman mereka. Celakanya lagi, yang paling parah mengalami hal ini adalah Betsy, puteri mereka. Bahkan Betsy sempat kerasukan mahluk halus tersebut. Pertolongan pun datang, seorang pendeta mencoba mengusir kekuatan gaib itu, namun usahanya sia-sia. Professor
Richard yang semula mengira bahwa semua ini hanyalah mimpi buruk yang
dialami oleh Betsy pun mulai percaya adanya hantu yang menghuni rumah
keluarga Bell. Lalu, mengapa hantu tersebut tak henti-hentinya mengganggu keluarga Bell, adakah kaitannya kejadian ini dengan isu seorang penyihir yang mengguna-guna keluarga Bell….

DONALD SUTHERLAND`S 100th MOVIE
Kalau aktor Hongkong,Andy Lau, menandai film ke seratusnya dengan
membintangi film berlatar belakang tinju, A Fighter`s Blues (2000), maka aktor kawakan Hollywood, Donald Sutherland yang tak lain adalah ayah kandung aktor Kiefer Sutherland, menandai film keseratusnya dengan membintangi sebuah film horor bertitel An American Haunting.

Kisahnya sendiri diangkat dari sebuah kisah nyata. Kejadian yang menimpa keluarga Bell tersebut tercatat dalam sejarah sebagai sebuah kejadian mistis yang merenggut nyawa seorang manusia. Selain Sutherland yang berperan sebagai John Bell, film ini juga dibintangi oleh Sissy Spacek (In The Bedroom) sebagai Lucy Bell, James D`Arcy (Exorcist the Beginning) sebagai Professor Richard, dan Rachel Hurd-Wood (Peter Pan) yang memerankan tokoh Betsy Bell, sedangkan
kakaknya John Jr. diperankan oleh Thom Fell.

Penyutradaraan ditangani oleh Courtney Salomon. Sutradara ini angkat nama di Hollywood lewat film adaptasi videogame, Dungeons & Dragons (2000)yang lumayan mendapat sambutan baik dari penonton. Kini, Salomon menghadirkan sebuah film horor dengan adegan-adegan penuh kejutan dan menegangkan mulai dari awal hingga akhir film. Toh, terasa sekali bahwa film ini sedikit mengekor kesuksesan film thriller horor lain yang diangkat dari kisah nyata, The Exorcism of Emily Rose. Di Amerika sendiri, kisah tentang The Bell Witch ini memang sudah sangat familiar, sehingga tak aneh tatkala diedarkan film ini mendapat
sambutan yang cukup baik, bahkan boleh dibilang cukup sukses karena
sebenarnya film ini menghabiskan dana yang cukup kecil.

Dari akting para pemainnya sendiri, saya rasa biasa-biasa saja, kendati memang porsi peran yang diberikan bagi Rachel Hurd-Wood cukup krusial dalam film ini. Adapun teka-teki ending film pun bisa terbungkus dengan baik sehingga kita pun agak sulit menerka bagaimana akhir cerita film.

Kendati Halloween baru saja kita lalui, tak ada salahnya bagi Anda  untuk menonton An American Haunting. Gaya penggarapan Salomon yang menghadirkan serentetan adegan seram bin menegangkan plus ilustrasi musik yang mengejutkan, mungkin dapat memberi kesan tersendiri bagi Anda terutama bagi mereka yang mengaku sebagai fans fanatik film horor bermutu.

Peace
Joze

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s