Apocalypto – Movie Review

Posted: Maret 27, 2007 in Film

APOCALYPTO (2006, Icon/Touchstone/ Fox)
Genre : Action/Adventure/ Thriller
Starring: Rudy Youngblood, Dalia Hernandez, Jonathan Brewer, etc.
director: Mel Gibson
Story : Mel Gibson & Farhad Safinia
Music : James Horner
Runtime : approx. 138 minutes

The Story
Di saat suku Indian Maya mulai merasakan adanya ketidakstabilan dan
keruntuhan dalam kehidupan mereka. Maka para petinggi suku mengadakan
sebuah ritual yang mengharuskan mereka mengurbankan manusia serta
membangun berbagai kuil agar kemakmuran dan kehidupan yang lebih baik
kembali mereka rasakan. Adalah Jaguar Paw, yang terjebak dalam situasi ini. Kala desanya diserbu oleh sekelompok pejuang Maya, Jaguar pun berusaha menyelamatkan anak dan isterinya. Apalagi isteri Jaguar, Seven, tengah hamil tua. Namun sayang, Jaguar bersama beberapa orang penduduk lainnya tertangkap. Kesadisan suku Maya dalam pengurbanan manusia memang benar-benar biadab, lihat saja setelah kepala mereka dipancung, tubuh mereka pun dibiarkan dibuang begitu saja. Hal inilah yang ditentang oleh Jaguar, ia bertekad untuk kabur demi bertemu kembali dengan anak dan isterinya. Dalam satu
kesempatan, Jaguar pun berhasil kabur, namun ternyata usaha Jaguar
untuk menemui keluarganya tidaklah mudah, apalagi sekelompok pejuang
Maya pun terus memburunya. Jaguar harus adu cerdik bersama para
pemburunya, lalu akankah ia selamat dari kejaran para pemburu dan bertemu kembali dengan keluarganya. …

RUNNING FOR THE FAMILY
Setelah The Man Without A Face, Braveheart, dan The Passion of The Christ, inilah karya penyutradaraan terbaru dari sutradara Mel Gibson yang lebih dulu kita kenal sebagai aktor. Untuk para pemainnya Gibson sengaja menghadirkan para pemain yang belum kita kenal seperti Rudy Youngblood yang berperan sebagai Jaguar Paw serta Dalia Hernandez yang berperan sebagai isterinya, Seven. Ceritanya sendiri digali dari kejadian yang konon benar-benar terjadi pada saat suku Indian masih berkuasa di benua Amerika, jauh-jauh hari sebelum orang asing datang ke benua tersebut.

Pengalamannya saat menggarap Braveheart membuat Gibson mampu menampilkan adegan-adegan kolosal dalam film ini. Lihat adegan menggetarkan saat pengurbanan manusia atau ingin lihat adegan yang seru dan menegangkan tentu saja pengejaran para pemburu yang memburu Jaguar secara tanpa henti. Kesemuanya diramu dengan pas oleh Gibson dengan dibumbui adegan-adegan drama serta komedi. Dari segi akting para pemainnya sendiri saya rasa biasa-biasa saja, namun yang patut disoroti adalah debut penampilan Dalia Hernandez, saya yakin suatu saat nanti aktris ini bintangnya akan cemerlang, hal ini ditunjang
oleh kecantikan nya yang alami. Musik yang ditata oleh James Horner (Braveheart, Titanic) pun sangat mendukung film ini, Horner sengaja memasukan unsur musik Indian dalam beberapa scene film, termasuk end titlenya.

Secara keseluruhan, Apocalypto merupakan sebuah film thriller adventure yang layak tonton. Gibson sekali lagi menghadirkan sebuah film yang bisa membuat adrenalin kita naik namun sekaligus juga menyentuh nurani kita serta membuka cakrawala pengetahuan kita akan kehidupan di masa lampau. Hanya rasanya ending film ini terasa begitu simpel dan masih meninggalkan beberapa pertanyaan dalam benak kita.

Peace
Joze

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s