Ghost Rider – Movie Review

Posted: Maret 27, 2007 in Film

GHOST RIDER (2007, Columbia/Marvel)
Genre : Action/Thriller/ Fantasy
Starring : Nicolas Cage, Eva Mendes, Wes Bentley, etc.
Director : Mark Steven Johnson
Screenplay: Mark Steven Johnson
Music : Christopher Young
Runtime : approx. 114 minutes

The Story
Johnny Blaze, adalah seorang remaja pelaku akrobatik motor maut di sebuah sirkus lokal. Sebenarnya bakatnya ini diturunkan dari sang ayah, Barton Blaze. Diam-diam kendati dilarang oleh ayah sang gadis, Johnny memadu kasih dengan gadis lokal, Roxanne Simpson. Namun, kenyataan pahit harus dihadapi Johnny, ayahnya divonis akan meninggal akibat kanker kronis yang diidapnya. Tepat saat perasaannya gundah, Johnny pun didatangi oleh Mephistopheles, sang penguasa neraka. Ia menawarkan sebuah perjanjian dimana ayah Johnny akan sembuh tapi
dengan syarat Johnny harus menyerahkan arwahnya pada Mephistopheles.
Toh, kendati janji sudah dibuat, Tuhan lebih berkuasa dalam menentukan hidup dan mati manusia. Johnny yang sudah kepalang menyerahkan jiwanya pada sang iblis pun memutuskan untuk berkelana, meninggalkan dan melupakan Roxanne. Setelah dewasa, Johnny kini dikenal sebagai atlet olahraga ekstrim bermotor yang selalu memecahkan rekor dunia. Bersama asistennya Mack, dan timnya, Johnny pun berkelana dari kota ke kota. Sampai suatu waktu, Johnny bertemu
kembali dengan Roxanne yang kini sudah menjadi seorang reporter teve. Cinta lama pun bersemi kembali diantara mereka. Namun, hal ini bertepatan dengan kemunculan kembali Mephistopheles yang menagih janji Johnny padanya. Johnny diminta menghabisi Blackheart bersama ketiga anteknya yang tengah mengincar sesuatu pakta yang berharga.
Maka, tak ada pilihan lain, Johnny pun kini harus menghadapi nasibnya menjadi algojo Mephistopheles dimana ia bisa malih rupa menjadi Ghost Raider. Ambisinya kini hanyalah untuk menghabisi Blackheart dan anak buahnya. Namun, ternyata hal ini tidaklah mudah, apalagi Blackheart akhirnya menyandera Roxanne. Beruntung muncul sosok misterius Caretaker yang seakan memberi kekuatan baru bagi Johnny. Kini, Johnny pun harus menyelamatkan Roxanne sekaligus menumpas Blackheart, namun akankah usahanya berhasil, bagaimana pula dengan perjanjiannya dengan Mephistopheles. ..

YOU CAN`T LIVE IN FEAR
Akhirnya jadi juga Nicolas Cage (National Treasure) memerankan tokoh
superhero dari komik. Dulu pada medio 90-an, nama Cage sempat santer
disebut-sebut sebagai pemeran Superman terbaru. Namun, kini Cage malah dipilih untuk memerankan tokoh superhero lain dari keluarga Marvel Enterprise, Ghost Raider alias Johnny Blaze. Primadonanya, Roxanne Simpson diperankan oleh Eva Mendes (Hitch). Sementara di usia remaja, kedua tokoh ini diperankan oleh Matt Long dan Raquel Alessi. Si penguasa neraka, Mephistopheles dengan pas diperankan oleh Peter Fonda (Ulee`s Gold), sedangkan anaknya yang membangkang,
Blackheart, oleh Wes Bentley (American Beauty). Didukung pula oleh Brett Cullen (Apollo 13) sebagai Barton Blaze dan Donal Logue (Runaway Bride) sebagai Mack, asisten Johnny plus aktor senior Sam Elliot (We Were Soldiers) sebagai si tokoh misterius, Caretaker.

Film ini merupakan film superhero kedua besutan Mark Steven Johnson (Simon Birch) setelah Daredevil. Dibandingkan dengan Daredevil, bisa dibilang Johnson menggarap Ghost Raider lebih menarik dan bergaya ngepop. Adegan-adegan aksi dipadukan dengan sedikit komedi serta drama romans pun berhasil ditampilkan dengan pas oleh Johnson.
Sementara dari segi visual efek, saya rasa sudah cukup baik terutama untuk menampilkan performa Ghost Raider kala beraksi. Dari segi musik sendiri, musik garapan Christopher Young ( The Grudge, The Hurricane) cukup mendukung adegan-adegan dalam film ini yang dipadukan dengan soundtrack berirama rock. Chemistry antara Johnny dan Roxanne pun lumayan baik ditampilkan oleh Cage dan Mendes.
Secara keseluruhan, Ghost Raider boleh saya bilang cukup baik, gaya nyutradaraan Johnson sedikit lebih baik kali ini dibandingkan ketika ia menggarap Daredevil. Nampaknya, film ini dapat dianggap sebagai appetizer sebelum kita menyaksikan film-film dari komik Marvel lainnya yang akan tampil musim panas ini, seperti Spider-Man 3 dan Fantastic 4: The Rise of The Silver Surfer.

Peace
Joze

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s