The Pursuit of Happyness – Movie Review

Posted: Maret 27, 2007 in Film

THE PURSUIT OF HAPPYNESS
(2006, Columbia/Relativity Media/Overbrook/ Escape Artist)
Genre : Drama
Starring: Will Smith, Jaden Smith, Thandie Newton, etc.
Director: Gabrielle Muccino
Story : Steve Conrad
Music : Andrea Guerra
Runtime : approx. 117 minutes

The Story
Bersetting di kota New York pada tahun 1981. Waktu itu, Chris Gardner, seorang sales alat kedokteran berusaha mengatasi kehidupan yang semakin sulit. Alat kedokteran yang ia jual ternyata kurang begitu laku, bahkan dari hari ke hari, Chris seakan tak bisa lagi menjalankan perannya sebagai pemberi nafkah bagi keluarganya. Sang isteri, Linda pun akhirnya tak tahan dan meninggalkannya. Tinggallah kini Chris bersama putera semata wayangnya, Christopher, berusaha
menjalani hidup. Cita-cita Chris adalah menjadi seorang pialang saham sukses, hal ini tercetus setelah ia melihat bahwa para pialang saham selalu tampil dengan wajah penuh bahagia. Yah, kebahagiaan, inilah hal yang terpenting yang ingin ia dan Christopher rasakan. Chris pun memberanikan diri mengikuti kursus broker yang diadakan sebuah perusahaan. Kendati selalu merasa disepelekan dan bekerja selama sebulan tanpa gaji, Chris pantang menyerah. Namun, masalah selalu datang menghimpit Chris dan puteranya, mulai dari diusir dari apartemennya, hingga tak bisa mendapatkan tempat menginap gratis bagi
mereka berdua. Lalu, akankah usaha gigih Chris untuk mendapatkan
kebahagiaan ini akan tercapai….

THE PRICE OF HAPPINESS
Yah, ejaan kata Happiness dalam judul film ini memang sengaja dibuat salah. Hal ini diambil tatkala Chris Gardner melihat kata yang dieja salah tersebut di penitipan anak tempat ia menitipkan puteranya.
Kehidupan dan usaha gigih Chris Gardner inilah yang ditulis menjadi skenario film oleh Steve Conrad (The Weather Man). Sementara Will Smith (I, Robot) berhasil memberikan performa aktingnya yang ciamik kala memerankan tokoh Chris Gardner, sehingga membuat namanya sempat masuk sebagai salah seorang nominator Oscar tahun ini untuk kategori Best Actor in A Leading Role. Putera Chris, Christopher, diperankan oleh Jaden Christopher Syer Smith, yang tak lain adalah putera kandung Will Smith, hasil pernikahannya dengan aktris Jada Pinkett-Smith. Sedangkan, Linda, isteri Chris, diperankan oleh Thandie Newton (M:i-2, Crash).

Penyutradaraan sendiri ditangani oleh Gabriel Muccino yang bisa dibilang masih tergolong sutradara baru di Hollywood. Namun, ia mampu meracik sebuah film drama yang cukup menyentuh. Hal ini tentu saja didukung oleh jalinan ceritanya yang cukup menarik dan dekat dengan kejadian nyata. Sebagai catatan tambahan, Chris Gardner sendiri kini memiliki perusahaan sendiri dimana pada tahun 2006 saja berhasil menjual saham dengan keuntungan puluhan juta dollar.

Film ini bisa jadi menjadi bahan perenungan kita agar kita tidak menyerah pada keadaan. Bahwa kendati kita dalam posisi yang sangat susah pun, dengan usaha yang gigih kita bisa mendapatkan kesuksesan dalam hidup dan tentu saja kebahagiaan bagi diri kita dan keluarga kita. Nah, untuk Anda para penggemar film drama bermutu, tak ada salahnya untuk menjadikan The Pursuit of Happyness sebagai film pilihan Anda.

Peace
Joze

Komentar
  1. ameilia mengatakan:

    Tau ga kapan film ini keluar di bioskop indonesia? atau ga kan keluar. plis share this info … thanks so much. ^_^

  2. eva mengatakan:

    td mlm flm in bru d’pter d’trans TV…
    tq trans TV…
    qw jdi pnya pnyak insprsi dri flm in.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s