Yahoo Tawarkan Kapasitas E-mail Tanpa Batas

Posted: Maret 28, 2007 in Sekilas Info

Jakarta, Penyedia layanan e-mail terbesar dunia, Yahoo Inc, merencanakan memberikan kapasitas penyimpanan tak terbatas pada e-mail Yahoo.

Kapasitas baru ini seperti diberitakan News.com dan dikutip detikINET, Rabu (28/3/2007) akan mulai diberlakukan pada Mei mendatang di seluruh dunia untuk layanan e-mail gratis Yahoo. Jika hal ini benar terjadi, maka Yahoo akan menjadi layanan penyedia e-mail gratis pertama yang mampu menyediakan kapasitas penyimpanan e-mail tak terbatas.

“Kami mengamati tren bagaimana para pengguna e-mail memanfaatkan e-mail mereka. Saat ini, mereka lebih sering mengirim foto, video dan media lain dalam jumlah lebih banyak,” ujar John Kremer, wakil presiden Yahoo Mail.

Kapasitas e-mail Yahoo yang tak terbatas ini memang akan diberlakukan di seluruh dunia. Namun, menurut Kremer, layanan kapasitas tanpa batas ini belum akan berlaku di Jepang dan Cina dengan alasan, Yahoo tetap akan melanjutkan kerja sama dengan mengikuti rencana kedua negara tersebut.

Perang kapasitas penyimpanan diantara para penyedia layanan e-mail sebenarnya sudah berlangsung lama.

Yahoo Mail mulai diluncurkan pada 1997 dengan kapasitas penyimpanan saat itu sebesar 4MB. Langkah ini kemudian disusul Google pada April 2004 dengan Gmail-nya. Kapasitas yang disediakan tak tanggung-tanggung, langsung 1 GB.

Rupanya tindakan Google membuat Yahoo Mail tertantang. Tak lama setelah peluncuran Gmail, Yahoo kemudian menambah kapasitas penyimpanannya menjadi 100 MB. Selanjutnya pada akhir 2004, kapasitas itu naik menjadi 250 Mb dan pada
2005, menjadi 1 GB.

Hingga saat ini, kapasitas 1 GB masih diberlakukan Yahoo bagi layanan e-mail gratisnya. Dan untuk layanan berbayar, Yahoo menyediakan kapasitas 2 GB. Sementara Gmail mampu menyediakan kapasitas lebih dari 2,5 GB untuk Gmail-nya dan layanan Windows Live Hotmail dari Microsoft mampu sediakan kapasitas sebesar 2GB, gratis.

Walau berhadapan dengan 2 raksasa penyedia layanan e-mail tersebut, Yahoo tetap mampu meneguhkan diri menjadi penyedian layanan e-mail terluas di dunia dengan jumlah pengguna sebanyak 250 juta orang. Menurut data comScore, Yahoo juga mencatatkan diri sebagai layanan terluas di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s