Mau Tahu Caranya Nge-hack ATM Bank?

Posted: April 2, 2007 in Artikel

JAKARTA, KCM – Para hacker yang biasanya hanya beredar di “bawah tanah” bakal menggelar kembali kopi darat alias berkumpul bersama di Jakarta dan membagi ilmunya kepada masyarakat. Salah satu teknik menarik yang akan mereka kupas tuntas tahun ini adalah cara menge-hack ATM bank.

“ATM bank merupakan salah satu fasilitas yang sudah umum dipakai, jadi masyarakat juga perlu tahu apakah uang yang mereka simpan di bank telah diamankan dengan sebaik mungkin,” ujar Anthony Zboralski, Chief Technological Officer (CTO) Bellua Asia Pacific, penyedia konsultan sistem keamanan informasi, kepada pers di Blackpearl Martini Bar & Club di Jakarta, Kamis (29/3). Menurut Anthony, dengan mengenalkan teknik-tenik hacking yang sudah banyak digunakan untuk menembus sistem keamanan informasi, masyarakat dan perusahaan publik diharapkan semakin sadar terhadap pentingnya hal tersebut dan meningkatkan tingkat keamanan sistemnya..

Cara yang ditempuh Bellua Asia Pacific memang terdengar radikal. Namun, menurut Jim Geovedi, salah satu konsultan Bellua Asia Pacific, justru inilah cara para hacker berbagi ilmu. Teknik-teknik hacking untuk menembus sistem keamanan informasi selama ini dikuasai komunitas bawah tanah termasuk agen intelijen untuk berbagai keperluan termasuk hobi dan mengasah kemampuan. Namun, ada oknum-oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk tindak kejahatan.

“Jika tidak mengerti bagaimana orang lain menyerang sistem keamanan, kita akan terus diserang,” imbuh Anthony. Padahal, semakin kompleks sistem yang dikelola proses bisnis yang berjalan makin meningkat. Sementara, teknik-teknik serangan juga makin kreatif baik untuk mencuri informasi, melumpuhkan, atau bahkan merusak sistem.

Nah, informasi-informasi seputar hacking seperti teknik-teknik baru yang muncul hingga cara penanganannya akan dibahas tuntas dalam Bellua Cyber Security 2007. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tahunan yang sudah digelar Bellua Asia Pacific dan Pacto Convex Ltd. sejak tahun 2005 ini akan diisi konferensi, workshop, dan kontes hacking serta menghadirkan hacker-hacker lokal maupun dari berbagai belahan dunia.

Segala aspek yang berkaitan dengan sistem keamanan dari aplikasi, sistem, jaringan, operating sistem, serta kasus serangan di bank, telepon, Internet, dan jaringan wireless akan dibahas tuntas selama 2 hari, 30 dan 31 Oktober 2007 di Hotel Gran Melia, Jakarta. Tentu saja, teknik untuk mengamankan sistem dan meminimalkan risiko akibat serangan juga dibahas dalam acara ini.

“Kita sangat moderat, tidak akan memberbaiki atau memperburuk citra hacker. Tapi kenyataannya ada aktivitas hacking yang terjadi di masyarakat. Hal inilah yang harus diketahui publik,” kata Jim. Menurutnya, hacking sebagai domain ilmu yang harus dikuasai setiap orang. Tahun lalu, Jim juga membagi pengalaman dan kemampuannya menerobos sistem satelit yang tentu saja tanpa kita ketahui beredar di atas kita. Dengan menguasai teknik hacking, setiap orang tahu cara melindungi sistemnya dari kemungkinan serangan orang lain.

Penulis: Wah

Komentar
  1. cha_unk thea mengatakan:

    Setiap perkembangan teknologi dibarengi dengan kejahatan baru,……
    tidak ada salahnya semua demi pembelajaran,,,,untuk kemajuan terus menerus
    ilmu komputer dsb yg bersangkutan,……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s